HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN RISIKO MASALAH PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA ANAK PRASEKOLAH DI DESA JAGARAGA KABUPATEN BULELENG

Veniawati, Kadek Linda (2022) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN RISIKO MASALAH PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA ANAK PRASEKOLAH DI DESA JAGARAGA KABUPATEN BULELENG. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Keperawatan.

[img]
Preview
Text (Skripsi 2022)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi 2022)
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi 2022)
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi 2022)
BAB III Kerangka Konsep.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi 2022)
BAB IV Metode Penelitian.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text (Skripsi 2022)
BAB V Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Skripsi 2022)
BAB VI Simpulan dan Saran.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi 2022)
Daftar Pustaka.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi 2022)
Lampiran-lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN RISIKO MASALAH PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA ANAK PRASEKOLAH DI DESA JAGARAGA KABUPATEN BULELENG ABSTRAK Penggunaan teknologi di era globalisasi sekarang sudah semakin cepat salah satunya teknologi yang paling banyak digunakan adalah gadget yang merupakan salah satu media untuk berkomunikasi dengan tujuan untuk mempermudah kegiatan komunikasi manusia. Namun seiring perkembangan jaman penggunaan gadget sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia sehingga banyak dampak negatif yang disebabkan dari penggunaan gadget karena tidak dapat menggunakan gadget dengan baik. Salah satu dampak negatif yang disebabkan dari penggunaan gadget adalah risiko masalah perkembangan psikososial. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan risiko masalah perkembangan psikososial pada anak prasekolah di Desa Jagaraga. Metode penelitian ini adalah korelasional yang bersifat kuantitatif. Model pendekatan subyek yang digunakan adalah cross sectional. Teknik sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan purposive sampling yaitu 97 responden. Pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner. Uji statistik Pearson didapatkan nilai p pada intensitas penggunaan gadget dengan risiko masalah perkembangan psikososial yaitu 0,001, maka Ho ditolak dan Ha di terima berarti ada hubungan yang signifikan atau berkorelasi. hal ini menyatakan bahwa ada hubungan antara penggunaan gadget dengan risiko masalah perkembangan psikososial pada anak prasekolah di Desa Jagaraga Kabupaten Buleleng. Kata Kunci : Gadget, Anak Prasekolah, Perkembangan psikososial THE RELATIONSHIP BETWEEN GADGET USE AND THE RISK OF PSYCHOSOCIAL DEVELOPMENT PROBLEMS IN PRESCHOOL CHILDREN IN JAGARAGA VILLAGE BULELENG REGENCY ABSTRACT The use of technology in the current era of globalization is getting faster, one of the most widely used technologies is gadgets which are one of the media for communicating with the aim of facilitating human communication activities. However, along with the development of the era, the use of gadgets has become one of the basic human needs so that there are many negative impacts caused by using gadgets because they cannot use gadgets properly. One of the negative impacts caused by the use of gadgets is the risk of psychosocial development problems. The purpose of this study was to determine the relationship of the history of gadget use with the risk of psychosocial development problems in preschool children in Jagaraga Village. This research method is correlational which is quantitative. The subject approach model used is cross sectional. The sampling technique used in sampling is non-probability sampling with purposive sampling, namely 97 respondents. Collecting data using a questionnaire technique. Pearson's statistical test obtained a p on the intensity of gadget use with the risk of psychosocial development problems, which is 0.001, then Ho is rejected and Ha is accepted, meaning there is a significant or correlated relationship. this states that there is a relationship between a history of gadget use and the risk of psychosocial development problems in preschool children in Jagaraga Village, Buleleng Regency. Keywords: Gadgets, Preschool Children, Psychosocial Development

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gadget, Anak Prasekolah, Perkembangan psikososial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Jurusan Keperawatan > Prodi D4
Depositing User: Kadek Linda Veniawati
Date Deposited: 29 Jun 2025 11:54
Last Modified: 29 Jun 2025 11:54
URI: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/9148

Actions (login required)

View Item View Item