HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK – KANAK INDRAPRASTA DENPASAR

Eka Widya Cahyani, Ni Wayan (2025) HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK – KANAK INDRAPRASTA DENPASAR. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Kebidanan 2025.

[img] Text (Skripsi Sarjana Terapan Kebidanan 2025)
Halaman depan..pdf

Download (717kB)
[img] Text (Skripsi Sarjana Terapan Kebidanan 2025)
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (105kB)
[img] Text (Skripsi Sarjana Terapan Kebidanan 2025)
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf

Download (303kB)
[img] Text (Skripsi Sarjana Terapan Kebidanan 2025)
BAB III Kerangka Konsep.pdf

Download (98kB)
[img] Text (Skripsi Sarjana Terapan Kebidanan 2025)
BAB IV Metode Penelitian..pdf

Download (160kB)
[img] Text (Skripsi Sarjana Terapan Kebidanan 2025)
BAB V Hasil Dan Pembahasan.pdf

Download (211kB)
[img] Text (Skripsi Sarjana Terapan Kebidanan 2025)
BAB VI Simpulan Dan Saran.pdf

Download (8kB)
[img] Text (Skripsi Sarjana Terapan Kebidanan 2025)
Daftar Pustaka..pdf

Download (157kB)
[img] Text (Skripsi Sarjana Terapan Kebidanan 2025)
Lampiran - lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

THE RELATIONSHIP BETWEEN PARENTS KNOWLEDGE OF STIMULATION WITH THE DEVELOPMENT OF PRESCHOOL CHILDREN AT INDRAPRASTA KINDERGARTEN DENPASAR ABSTRACT Child development is a complex process involving gross motor skills, fine motor skills, language, socialization, and independence. One influential factor is parental stimulation, which is shaped by their knowledge level. This study examines the relationship between parental knowledge of stimulation and preschool children's development at Indraprasta Kindergarten, Denpasar using a correlational analytic cross-sectional design. Data were collected on April 12, 2025, through questionnaires for parents and observations of children using the KPSP form. The total sampling technique was used for 41 parents and children aged 60-72 months. The questionnaire underwent validity and reliability tests, ensuring its accuracy. Chi-Square analysis was initially applied, but Fisher Exact test was used due to statistical requirements, yielding a significant result (p-value = 0.035; p < 0.05). The findings indicate a strong relationship between parental knowledge and preschool children's development. The study results demonstrate that parental knowledge is significantly related to preschool children's development. Therefore, improving parental education on child stimulation through counseling programs, interactive training, or parenting classes is essential to enhance child growth and development. Keywords: Stimulation knowledge; development; parents; preschoolers HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK - KANAK INDRAPRASTA DENPASAR ABSTRAK Perkembangan anak merupakan proses peningkatan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam aspek motorik kasar, motorik halus, bahasa, serta sosialisasi dan kemandirian. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan anak adalah pemberian stimulasi dari orang tua, yang dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan orang tua tentang stimulasi dengan perkembangan anak prasekolah di Taman Kanak-Kanak Indraprasta Denpasar. Metode penelitian yang digunakan adalah analitik korelasi dengan rancangan cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan pada 12 April 2025 melalui penyebaran kuesioner pengetahuan kepada orang tua serta observasi perkembangan anak menggunakan form KPSP. Sampel terdiri dari 41 orang tua dan anak prasekolah berusia 60-72 bulan dengan teknik total sampling. Sebelum digunakan, kuesioner telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan hasil yang memenuhi standar penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan uji Chi Square, namun karena tidak memenuhi syarat, digunakan uji Fisher Exact, yang menunjukkan hasil signifikan (p-value = 0,035; p < 0,05), menandakan adanya hubungan antara pengetahuan orang tua tentang stimulasi dengan perkembangan anak prasekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan orang tua memiliki hubungan yang signifikan dengan perkembangan anak prasekolah. Oleh karena itu, edukasi bagi orang tua tentang stimulasi anak perlu ditingkatkan melalui program penyuluhan, pelatihan interaktif atau parenting class. Kata kunci: Pengetahuan stimulasi; perkembangan; orang tua; anak prasekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Stimulation knowledge; development; parents; preschoolers Pengetahuan stimulasi; perkembangan; orang tua; anak prasekolah
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Jurusan Kebidanan > Prodi D4
Depositing User: Ni Wayan Eka Widya Cahyani
Date Deposited: 15 Sep 2025 00:33
Last Modified: 15 Sep 2025 00:33
URI: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/17230

Actions (login required)

View Item View Item