Hubungan Antara Kualitas Komunikasi Interpersonal Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Unit Pelaksana Teknis

Aryawati, Ni Luh Made (2024) Hubungan Antara Kualitas Komunikasi Interpersonal Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Unit Pelaksana Teknis. Diploma thesis, Sarjana Terapan Jurusan Keperawatan.

[img] Text
0. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (745kB)
[img] Text
1. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
1. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
2. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (501kB)
[img] Text
3. BAB III KERANGKA KONSEP.pdf

Download (58kB)
[img] Text
4. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf

Download (398kB)
[img] Text
5. BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (464kB)
[img] Text
6. BAB VISIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (40kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Pusat pelayanan kesehatan di Indonesia semakin hari semakin bertumbuh dan berkembang secara pesat sehingga banyak pilihan pelayanan kesehatan yang dapat pasien percayakan dalam melakukan perawatan kesehatannya. Apa yang diharapkan pasien dalam memilih pelayanan kesehatan adalah kemampuan petugas yang cepat dan tanggap terhadap keluhan pasien serta mampu menghadapi keluhan pasien secara profesional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Pontang tahun 2023. Metode korelasi dengan pendekatan cross-sectional digunakan dalam penelitian ini. Dari 150 pasien rawat inap sebagai populasi, 75 responden dilibatkan sebagai sampel dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden menyatakan komunikasi interpersonal perawat baik (62,7%) dan sebagian besar responden menyatakan kepuasan pasien di unit rawat inap tidak puas (54,7%). Hasil uji statistik menggunakan uji chi-square memperoleh nilai p 0,024 (p<α), artinya ada hubungan antara komunikasi interpersonal perawat dengan kepuasan pasien di unit rawat inap Puskesmas Pontang. Peneliti menyimpulkan bahwa perlu penguatan pada perawat rawat inap seperti pelatihan tentang komunikasi interpersonal dan service excellence. Kata Kunci: kepuasan pasien, komunikasi interpersonal, perawa

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: kepuasan pasien
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Prodi D4
Depositing User: Abdur Rahman
Date Deposited: 29 Aug 2024 12:15
Last Modified: 29 Aug 2024 12:15
URI: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/13770

Actions (login required)

View Item View Item