Efektivitas Penyuluhan Dengan Metode Simulasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Sarapan Pada Murid Di SDN 3 Delod Peken Tabanan

Lystia Putri Indriani, Anak Agung (2019) Efektivitas Penyuluhan Dengan Metode Simulasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Sarapan Pada Murid Di SDN 3 Delod Peken Tabanan. Diploma thesis, Poltekkes Denpasar.

[img]
Preview
Text (skripsi 2019)
COVER.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi 2019)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi 2019)
BAB I BARU.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi 2019)
BAB II.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi 2019)
BAB III.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi 2019)
BAB IV.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi 2019)
BAB V.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi 2019)
BAB VI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi 2019)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi 2019)
LAMPIRAN .pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PENYULUHAN DENGAN METODE SIMULASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG SARAPAN PADA MURID DI SDN 3 DELOD PEKEN TABANAN ABSTRAK Sarapan sangat penting bagi murid sekolah dasar terutama untuk menjaga kesehatan konsentrasi belajar dan menunjang prestasi di sekolah. Banyak murid sekolah dasar yang mengabaikan sarapan sebelum ke sekolah dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang sarapan. Oleh karena itu diperlukan sebuah penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap murid sekolah dasar tentang sarapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyuluhan dengan metode simulasi terhadap pengetahuan dan sikap tentang sarapan pada murid sekolah dasar. Jenis penelitian adalah quazi eksperiment dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Jumlah populasi adalah seluruh murid SDN 3 Delod Peken Tabanan. Populasi target adalah kelas IV,V, dan VI sebanyak 88 orang dengan jumlah sampel sebanyak 73 orang. Teknik sampling menggunakan proporsional random sampling. Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Delod Peken Tabanan pada bulan Januari-Mei 2019. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner tentang sarapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan pengetahuan mengenai sarapan dimana nilai rata-rata pengetahuan berubah dari 75,82 menjadi 88,70 dengan nilai minimum sebelum penyuluhan adalah 40 dan sesudah penyuluhan adalah 60. Nilai tertinggi sebelum penyuluhan adalah 95 dan setelah penyuluhan adalah 100. Terdapat perubahan sikap mengenai sarapan dimana rata-rata sikap berubah dari 70,89 menjadi 74,12. Nilai minimum sebelum penyuluhan adalah 52 dan 56 sesudah penyuluhan. Nilai tertinggi sebelum penyuluhan adalah 88 dan 91 sesudah penyuluhan. Uji hipotesis menggunakan paired sampel T-Test didapatkan nilai p value sig. 2-tailed) pengetahuan sebesar 0,000 dan nilai p value sig. 2-tailed) sikap sarapan sebesar 0,024. Disimpulkan penyuluhan dengan menggunakan metode simulasi efektif terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang sarapan pada murid di SDN 3 Delod Peken Tabanan. Diharapkan petugas penyuluh yang ada di sekolah dapat meningkatkan dan mengembangan pemberian materi mengenai sarapan kepada murid sekolah dasar dengan menggunakan metode dan media yang lebih menarik dan sesuai dengan perkembangan anak seperti metode simulasi dengan media monopoli sarapan pagi. Kata Kunci : sarapan, pengetahuan, sikap, simulasi THE EFFECTIVENESS OF COUNSELING WITH THE SIMULATION METHOD ON THE KNOWLEDGE AND ATTITUDE ABOUT BREAKFAST IN ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS AT SDN 3 DELOD PEKEN TABANAN ABSTRACT Breakfast is very important for elementary school students especially to maintain the concentration of learning and support achievement in school. Many elementary school students who ignore breakfast before going to school due to lack of knowledge about breakfast. Therefore an education is needed to increase the knowledge and attitudes of elementary school students about breakfast. The targets of this study is to determine the effectiveness of counseling with the simulation method on knowledge and attitudes about breakfast in elementary school students. This type of research is experimental quazi with a one group pretest-posttest design study design. The total population are the students at SDN 3 Delod Peken Tabanan. The population target is 88 people with a total sample of 73 people. The sampling technique uses proportional random sampling. This research was conducted at SDN 3 Delod Peken Tabanan in January-May 2019. Instruments for collecting data using questionnaires about breakfast. The results showed that there was a change in knowledge about breakfast where the average value of knowledge changed from 75.82 to 88.70 with a minimum value before counseling was 40 and after counseling was 60. The highest score before counseling was 95 and after counseling was 100. There changes in attitude regarding breakfast where the average attitude changes from 70.89 to 74.12. The minimum value before counseling is 52 and 56 after counseling. The highest score before counseling was 88 and 91 after counseling. Hypothesis testing using paired T-Test samples obtained p value sig. 2-tailed) knowledge of 0,000 and p value of sig. 2-tailed) breakfast attitude at 0.024. It was concluded that counseling using an effective simulation method on increasing knowledge and attitudes about breakfast for students at SDN 3 Delod Peken Tabanan. It is expected that extension officers in the school can improve and develop the provision of material on breakfast to elementary school students by using methods and media that are more interesting and in accordance with children's development such as simulation methods with the breakfast monopoly media. Keywords : breakfast, knowledge, attitude, simulation

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : sarapan, pengetahuan, sikap, simulasi Keywords : breakfast, knowledge, attitude, simulation
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Gizi > Prodi D4
Depositing User: mrs Lystia Putri Anak Agung
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:46
Last Modified: 12 Mar 2020 02:46
URI: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/2719

Actions (login required)

View Item View Item