ASUHAN KEPERAWATAN KETIDAKSTABILAN KADAR GLUKOSA DARAH DENGAN PEMBERIAN TERAPI RELAKSASI BENSON PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI BANJAR ASEMAN KANGIN KECAMATAN KUTA UTARA KABUPATEN 2023

Astuti, Ni Kadek Rima Widya (2023) ASUHAN KEPERAWATAN KETIDAKSTABILAN KADAR GLUKOSA DARAH DENGAN PEMBERIAN TERAPI RELAKSASI BENSON PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI BANJAR ASEMAN KANGIN KECAMATAN KUTA UTARA KABUPATEN 2023. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Keperawatan 2023.

[img]
Preview
Text (Karya Ilmiah Akhir Ners 2023)
Halaman Depan.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Karya Ilmiah Akhir Ners 2023)
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Karya Ilmiah Akhir Ners 2023)
BAB II Tinjuan Pustaka.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Karya Ilmiah Akhir Ners 2023)
BAB III Metode Penyususnan Karya Ilmiah.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Karya Ilmiah Akhir Ners 2023)
BAB IV Laporan Kasus Kelolaan Utama.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Karya Ilmiah Akhir Ners 2023)
BAB V Pembahasan.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Karya Ilmiah Akhir Ners 2023)
BAB VI Simpulan Dan Saran.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Karya Ilmiah Akhir Ners 2023)
Daftar Pustaka.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Karya Ilmiah Akhir Ners 2023)
Lampiran-lampiran.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

ASUHAN KEPERAWATAN KETIDAKSTABILAN KADAR GLUKOSA DARAH DENGAN PEMBERIAN TERAPI RELAKSASI BENSON PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI BANJAR ASEMAN KANGIN DESA TIBUBENENG KECAMATAN KUTA UTARA KABUPATEN BADUNG TAHUN 2023 ABSTRAK Diabetes Melitus merupakan salah satu jenis penyakit tidak menular. Dari 90% dari keseluruhan penyakit Diabetes ini ialah Diabetes Melitus tipe 2. Tingginya kadar glukosa darah yang dialami oleh pasien Diabetes ini bisa ditangani melalui peningkatan tatalaksana mencakup terapi obat dan terapi non obat. Adapun jenis terapi nonfarmakologi (terapi kompelementer) bisa dilakukan salah satunya, Terapi Relaksasi Benson. Tujuan dari penulisan KIAN ini yaitu untuk mengetahui pemberian terapi Asuhan Keperawatan Ketidakstabilan Kadar Glukosa Darah Dengan Pemberian Terapi Relaksasi Benson Pada Pasien Diabetes Mellitus di Banjar Aseman Kangin Desa Tibubeneng. Berdasarkan hasil pengkajian, didapatkan bahwa kadar glukosa pasien sering tidak stabil dan sering merasakan gejala diabetes seperti sering haus dan sering kencing pada malam hari. Intervensi keperawatan yang diberikan pada pasien menggunakan intervensi utama (manajemen hiperglikemia). Pada kasus kelolaan, penulis memfokuskan pemberian intervensi inovasi berupa teknik non-farmakologis menggunakan terapi relaksasi benson. Pemberian terapi relaksasi benson selama 15-20 menit yang diberikan 3 kali berturut-turut dengan durasi sekali dalam sehari. Evaluasi yang diperoleh yaitu, keluhan seperti rasa lelah, sering haus dan buang air kecil menurun, serta mulut pasien sudah tampak lembab. Selain itu, kadar glukosa darah pasien menurun menjadi 198 mm/Hg dari yang sebelumnya yaitu 278 mg/dL. Kemampuan pasien menggunakan teknik non farmakologis meningkat. Simpulan: pemberian terapi relaksasi benson terbukti efektif dalam menstabilkan kadar glukosa darah. Saran: diharapkan terapi relaksasi benson menjadi salah satu terapi alternatif dalam menstabilkan kadar glukosa darah pada pasien Diabetes. Kata Kunci: Diabetes, Relaksasi Benson, Glukosa Darah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Diabetes, Relaksasi Benson, Glukosa Darah
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Nurse
Depositing User: Ni Kadek Rima Widya Astuti
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:30
Last Modified: 06 Jun 2023 01:30
URI: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/10403

Actions (login required)

View Item View Item