Kerti, Wayan Evi Dharma (2024) HUBUNGAN HARAPAN DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DENGAN LAYANAN KOMPLEMENTER DI PELAYANAN PRAKTIK MANDIRI DAWAN USADHA KLUNGKUNG TAHUN 2024. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Keperawatan 2024.
|
Text (Skripsi 2024)
Halaman Depan.pdf Download (599kB) |
|
|
Text (Skripsi 2024)
BAB I Pendahuluan.pdf Download (92kB) |
|
|
Text (Skripsi 2024)
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf Download (193kB) |
|
|
Text (Skripsi 2024)
BAB III Kerangka Konsep.pdf Download (19kB) |
|
|
Text (Skripsi 2024)
BAB IV Metode Penelitian.pdf Download (158kB) |
|
|
Text (Skripsi 2024)
BAB V Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
|
|
Text (Skripsi 2024)
BAB VI Simpulan dan Saran.pdf Download (69kB) |
|
|
Text (Skripsi 2024)
Daftar Pustaka.pdf Download (145kB) |
|
|
Text (Skripsi 2024)
Lampiran-lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
THE RELATIONSHIP OF EXPECTATIONS AND LEVEL OF PATIENT SATISFACTION WITH COMPLEMENTARY SERVICES AT DAWAN USADHA'S INDEPENDENT PRACTICE SERVICES KLUNGKUNG YEAR 2024 ABSTRACK Nowadays health problems have become significant. People's expectations of health services increase as their standard of living increases. Patients are satisfied when services are of exceptional quality and exceed their expectations. To measure service quality, service quality dimensions can be used, namely tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy. The aim of this research is to determine the relationship between expectations and the level of patient satisfaction with the services received. The type of research used is quantitative research with an analytical cross sectional study design. The research method used was accidental sampling. The population in this research were 221 users of complementary services at the Dawan Usadha Klungkung Mandiri Practice in 2024. The total sample in this study was 142 people. The research results based on statistical tests are the Spearman rank test with a confidence level of 95%. The research results have a value of p = 0.000 < α = 0.05 which shows that there is a relationship between expectations and the level of satisfaction. The results of the analysis also show that the Spearman rank correlation (r) value is 0.760, which shows that there is a strong relationship between the variable expectations and the level of satisfaction. The results of this research are that there is a relationship between expectations and the level of patient satisfaction. So it is hoped that the Dawan Usadha Klungkung clinic will be able to maintain the services provided, and even improving the quality of services will be a better thing. Keywords: health services, expectations, level of satisfaction HUBUNGAN HARAPAN DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DENGAN LAYANAN KOMPLEMENTER DI PELAYANAN PRAKTIK MANDIRI DAWAN USADHA KLUNGKUNG TAHUN 2024 ABSTRAK Dewasa ini masalah kesehatan menjadi hal yang signifikan. Ekspektasi masyarakat terhadap layanan kesehatan meningkat seiring dengan meningkatnya standar hidup mereka. Pasien puas ketika layanan memiliki kualitas yang luar biasa dan melampaui harapan mereka. Untuk mengukur jasa pelayanan dapat digunakan dimensi kualitas jasa yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara harapan dan tingkat kepuasan pasien terhadap layanan yang diterima. Jenis penelitain yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain study cross sectional analitik. Metode penelitian yang digunakan adalah accidental sampling. Populasi dalam penelitain ini adalah pengguna layanan komplementer di Praktek Mandiri Dawan Usadha Klungkung Tahun 2024 dengan jumlah 221, Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 142 orang. Hasil penelitian berdasarkan uji statistik adalah uji rank spearman dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil penelian nilai p = 0,000 < α = 0,05 yang menunjukkan ada hubungan antara harapan dan tingkat kepuasan. Hasil analisis juga menunjukkan nilai hasil kolerasi rank spearman (r ) sebesar 0,760 yang menunjukkan ada hubungan kuat antara variabel harapan dan tingkat kepuasan. Hasil penelitian ini adalah ada hubungan harapan dan tingkat kepuasan pasien. Sehingga diharapkan klinik dawan usadha klungkung mampu mempertahankan pelayanan yang diberikan, bahkan meningkatkan kualitas layanan akan menjadi hal yang lebih baik. Kata Kunci : pelayanan kesehatan, harapan, tingkat kepuasan
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | pelayanan kesehatan, harapan, tingkat kepuasan health services, expectations, level of satisfaction |
| Subjects: | R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology R Medicine > RT Nursing |
| Divisions: | Jurusan Keperawatan > Prodi D4 |
| Depositing User: | STR Keperawatan |
| Date Deposited: | 06 Jul 2025 00:59 |
| Last Modified: | 06 Jul 2025 00:59 |
| URI: | http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/12678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

