Dewi, Ni Kadek Dian Rosita (2024) PENGARUH SIMULASI BENCANA TANAH LONGSOR TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERILAKU SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI BENCANA TANAH LONGSOR DI SD NEGERI 1 SONGAN BANGLI TAHUN 2024. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Keperawatan 2024.
|
Text (Skripsi 2024)
Halaman Depan.pdf Download (514kB) |
|
|
Text (Skripsi 2024)
BAB I Pendahuluan.pdf Download (170kB) |
|
|
Text (Skripsi 2024)
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf Download (542kB) |
|
|
Text (Skripsi 2024)
BAB III Kerangka Konsep.pdf Download (247kB) |
|
|
Text (Skripsi 2024)
BAB IV Metode Penelitian.pdf Download (495kB) |
|
|
Text (Skripsi 2024)
BAB V Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
|
Text (Skripsi 2024)
BAB VI Simpulan dan Saran.pdf Download (141kB) |
|
|
Text (Skripsi 2024)
Daftar Pustaka.pdf Download (178kB) |
|
|
Text (Skripsi 2024)
Lampiran-Lampiran .pdf Download (1MB) |
Abstract
THE EFFECT OF LANDSLIDE DISASTER SIMULATION ON THE KNOWLEDGE AND BEHAVIOR OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN DEALING WITH LANDSLIDE DISASTER Study Conducted at SD Negeri 1 Songan Bangli in 2024 ABSTRACT Bali Island is an area that has the potential for landslides. The potential for landslides in Bali covers an area of 85,121.55 hectares. Landslides often occur in areas that have high topography. The county that has a high topography is Bangli County. Kintamani sub-district is the area with the steepest slope. The high rainfall factor makes Kintamani District the most landslide-prone area in Bangli Regency. Children are the most vulnerable group in disaster events. This is due to his inability to protect himself and is beyond parental supervision. The purpose of this study is to determine the effect of landslide disaster simulation on the knowledge and behavior of elementary school students in dealing with landslide disasters at SD Negeri 1 Songan Bangli in 2024. The type of research used in this study was pre-experimental with a one-group pre-test post-test design design conducted on 52 respondents. Data collection was conducted using multiple-choice questions and checklists. After the intervention, the average knowledge increased to 77.31 and the average behavior increased to 76.35. Based on the paired samples t-test, a sig value is obtained. (2-tailed) 0.000 which means that there is an influence of landslide disaster simulation on the knowledge and behavior of elementary school students in dealing with landslide disasters. It is expected that students can continue to explore information related to landslide disasters, so that they have knowledge and good behavior in dealing with landslide disasters. Keywords : Simulation, Knowledge, Behavior, Landslide Disaster PENGARUH SIMULASI BENCANA TANAH LONGSOR TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERILAKU SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI BENCANA TANAH LONGSOR Studi Dilakukan di SD Negeri 1 Songan Tahun Bangli 2024 ABSTRAK Pulau Bali merupakan daerah yang memiliki potensi bencana tanah longsor. Potensi bencana tanah longsor di Bali seluas 85.121,55 hektar. Bencana tanah longsor sering terjadi di daerah yang memiliki topografi tinggi. Kabupaten yang memiliki topografi tinggi adalah Kabupaten Bangli. Kecamatan Kintamani merupakan wilayah dengan kelerangan paling curam. Faktor curah hujan yang tinggi menyebabkan Kecamatan Kintamani sebagai daerah yang paling rawan bencana tanah longsor di Kabupaten Bangli. Anak-anak merupakan kelompok yang paling rentang dalam kejadian bencana. Hal ini disebabkan karena ketidakmampuannya untuk melindungi diri dan berada di luar pengawasan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh simulasi bencana tanah longsor terhadap pengetahuan dan perilaku siswa sekolah dasar dalam menghadapi bencana tanah longsor di SD Negeri 1 Songan Bangli Tahun 2024. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pra-eksperimental dengan rancangan one grup pre-test post-test design yang dilakukan terhadap 52 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan soal pilihan ganda dan checklist. Setelah dilakukan intervensi rata-rata pengetahuan meningkat menjadi 77.31 dan rata-rata perilaku meningkat menjadi 76.35. Berdasarkan uji paired t-test didapatkan nilai sig.(2-tailed) 0.000 yang berarti terdapat pengaruh simulasi bencana tanah longsor terhadap pengetahuan dan perilaku siswa sekolah dasar dalam memghadapi bencana tanah longsor. Diharapkan siswa dapat terus menggali informasi terkait bencana tanah longsor, agar memiliki pengetahuan dan perilaku yang baik dalam menghadapi bencana tanah longsor. Kata Kunci : Simulasi, Pengetahuan, Perilaku, Bencana Tanah Longsor
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Simulasi, Pengetahuan, Perilaku, Bencana Tanah Longsor Simulation, Knowledge, Behavior, Landslide Disaster |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education R Medicine > RT Nursing |
| Divisions: | Jurusan Keperawatan > Prodi D4 |
| Depositing User: | STR Keperawatan |
| Date Deposited: | 06 Jul 2025 01:18 |
| Last Modified: | 06 Jul 2025 01:18 |
| URI: | http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/13099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

