TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA PUSKESMAS II MELAYA TAHUN 2025

Rohimah, Anggita Mufidatur (2025) TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA PUSKESMAS II MELAYA TAHUN 2025. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Kesehatan Gigi 2025.

[img] Text (Karya Tulis Ilmiah 2025)
Halaman Depan .pdf

Download (1MB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah 2025)
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (253kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah 2025)
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf

Download (303kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah 2025)
BAB III Kerangka Konsep.pdf

Download (305kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah 2025)
BAB IV Metode Penelitian.pdf

Download (327kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah 2025)
BAB V Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah 2025)
BAB VI Simpulan dan Saran.pdf

Download (256kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah 2025)
Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB)
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah 2025)
Lampiran-lampiran .pdf

Download (2MB)

Abstract

LEVEL OF SATISFACTION OF PATIENTS PARTICIPATING IN THE BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL TOWARDS HEALTH SERVICES TEETH AND MOUTH AT PUSKESMAS II MELAYA YEAR 2025 (The study was conducted at the Melaya II Dental Clinic in Gilimanuk Village, Jembrana Regency) ABSTRACT Patient satisfaction with dental and oral health services is a comparison between patients’ expectations and their perceptions of the services received. This study aimed to assess the satisfaction level of patients participating in the Badan Penyelenggara Jaminan Sosial for dental and oral health services at Puskesmas II Melaya. Descriptive survey design was used with 33 respondents. The results shows satisfaction across five dimensions: the tangible dimension had 21 satisfied patients (64,00%), reliability had 25 satisfied patients (76,00%), responsiveness had 26 satisfied patients (79,00%), assurance had 26 satisfied patients (79,00%), and empathy had 27 satisfied patients (82,00%). Overall, most respondents expressed high satisfaction, particularly in the empathy dimension. The conclusion of this study that most patient were satisfied with the service provide across all five dimensions of service quality. Keywords : Satisfaction; Dental and Oral Health Services; Puskesmas; BPJS TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA PUSKESMAS II MELAYA TAHUN 2025 (Studi dilakukan pada Poli Gigi Puskesmas II Melaya di Kelurahan Gilimanuk Kabupaten Jembrana) ABSTRAK Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut adalah perbandingan antara persepsi pasien terhadap pelayanan yang diterima dengan harapan pasien sebelum mendapatkan pelayanan. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada Puskesmas II. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan desain survei dengan melibatkan 33 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan dari lima dimensi, berdasarkan dimensi tangibles menunjukkan bahwa pasien merasa puas sebanyak 21 orang (64,00%), dimensi reliability menunjukkan bahwa pasien merasa puas sebanyak 25 orang (76,00%), dimensi responsiveness menunjukkan bahwa pasien merasa puas sebanyak 26 orang (79,00%), dimensi assurance menunjukkan bahwa pasien merasa puas sebanyak 26 orang (79,00%), dan dimensi empathy menunjukkan bahwa pasien merasa puas sebanyak 27 orang (82%). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kelima dimensi kepuasan didapatkan hasil tingkat kepuasan sebagian besar dengan kategori puas. Kata kunci : Kepuasan; Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut; Puskesmas; BPJS

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Satisfaction; Dental and Oral Health Services; Puskesmas; BPJS Kepuasan; Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut; Puskesmas; BPJS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Jurusan Keperawatan Gigi > Prodi D3
Depositing User: Shofiya Nurzakiya
Date Deposited: 21 Aug 2025 01:38
Last Modified: 21 Aug 2025 01:38
URI: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/15759

Actions (login required)

View Item View Item