STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI 6 SANUR

DEWI, IDA AYU PURNAMA (2019) STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI 6 SANUR. Diploma thesis, Poltekkes Denpasar.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Karya Tulis Ilmiah 2019)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Karya Tulis Ilmiah 2019)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Karya Tulis Ilmiah 2019)
BAB III KERANGKA KONSEP.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Karya Tulis Ilmiah 2019)
BAB IV METODE PENELITIAN.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (Karya Tulis Ilmiah 2019)
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img]
Preview
Text (Karya Tulis Ilmiah 2019)
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Karya Tulis Ilmiah 2019)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Karya Tulis Ilmiah 2019)
halaman awal.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Karya Tulis Ilmiah 2019)
JUDUL KTI.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

NUTRITION STATUS AND ACADEMIC ACHIEVEMENT OF LEARNING FOR ELEMENTARY SCHOOL CHILDREN 6 SANUR ABSTRACT Nutrition is one of the main determinants of the quality of Human Resources. Good nutritional status will affect the process of growth and development of children, one of which can improve intellectual abilities that will have an impact on learning achievement in school. In general, the purpose of this study was to determine the nutritional status and learning achievement of children at SDN 6 Sanur. This type of research was observational with a cross sectional design. This research was conducted at SDN 6 Sanur in February to April 2019. The results showed that normal nutritional status was 45 (61.64%). Learning achievement can be interpreted as the level of success of students in learning subject matter in schools which are expressed in scores obtained from the results of tests on a number of certain subject matter (Sutanto, 2013). Specific subject matter is namely Religion of Character, PPKN, Indonesian Language, Mathematics, Science, Social Sciences, SBdP, PJOK, Balinese Language, and Language. Most of the samples that had good nutritional status with good learning achievement were 49 (67.12%), but there were still less than 5 (6.85%). Samples with normal nutritional status who have good learning achievement as many as 31 (42.46%), but there are those who are thin (8.22%), obese (9.59%), and obese (5.48%) have learning achievements with good category. Although the sample has a nutritional status that is lacking (very thin and thin) or has more nutritional status (fat and obese) can also have good learning achievements. This happens probably because of how to learn samples both at school and while studying in their homes under the guidance of parents. From this data samples with good nutritional status tend to have good learning achievements. This is probably due to the sample with good nutritional status that will have good concentration when attending school. Besides that the presence of samples in the school will be more optimal. Keywords: Nutritional Status; Learning achievement; Primary school children STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI 6 SANUR ABSTRAK Gizi merupakan salah satu faktor penentu utama kualitas Sumber Daya Manusia. Status gizi yang baik akan mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan anak, salah satunya dapat meningkatkan kemampuan intelektual yang akan berdampak pada prestasi belajar di sekolah. Secara umum tujuan penelitian ini adalah mengetahui status gizi dan prestasi belajar anak SDN 6 Sanur. Jenis penelitian adalah observasional dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di SDN 6 Sanur pada bulan Februari sampai bulan April 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status gizi normal yaitu 45 (61.64%). Prestasi belajar dapat diartikan sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi pelajaran tertentu (Sutanto,2013). Materi mata pelajaran tertentu yaitu yaitu Agama Budi Pekerti, PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBdP, PJOK, Bahasa Bali, dan Bahasa. Sebagian besar sampel yang memiliki status gizi baik dengan prestasi belajar sampel sudah baik sebanyak 49 (67.12%), namun masih ada yang kurang sebanyak 5 (6.85%). Sampel dengan status gizi normal yang memiliki prestasi belajar dengan kategori baik sebanyak 31 (42.46%), namun ada yang kurus (8,22%), gemuk (9,59%), dan obesitas (5,48%) memiliki prestasi belajar dengan kategori baik. Walaupun sampel memiliki status gizi yang kurang (sangat kurus dan kurus) atau memiliki status gizi lebih (gemuk dan obesitas) juga bisa memiliki prestasi belajar yang baik. Hal ini terjadi kemungkinan disebabkan oleh cara belajar sampel baik waktu di sekolah maupun saat belajar di rumah masing-masing dibawah bimbingan orangtua. Dari data ini sampel dengan status gizi baik kecenderungan memiliki prestasi belajar yang baik. Hal ini kemungkinan disebabkan sampel dengan status gizi baik akan memiliki konsentrasi yang baik pada saat mengikuti pelajaran di sekolah. Disamping itu kehadiran sampel di sekolah akan lebih optimal. Kata Kunci : Status Gizi; Prestasi Belajar; Anak Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Status Gizi; Prestasi Belajar; Anak Sekolah Dasar
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan Gizi > Prodi D3
Depositing User: mrs Purnama Dewi ida ayu
Date Deposited: 16 Jun 2020 06:15
Last Modified: 16 Jun 2020 06:15
URI: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/3203

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item