PERBEDAAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE ANAK PRASEKOLAH SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN VIDEO ANIMASI DI TAMAN KANAK-KANAK NARA BUDHI SUARI MENGWI BADUNG

Widiari, Ni Kadek Mita (2022) PERBEDAAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE ANAK PRASEKOLAH SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN VIDEO ANIMASI DI TAMAN KANAK-KANAK NARA BUDHI SUARI MENGWI BADUNG. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Kebidanan 2022.

[img]
Preview
Text (Skripsi 2022)
Halaman Depan.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi 2022)
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi 2022)
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi 2022)
BAB III Kerangka Konsep Penelitian.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi 2022)
BAB IV Metode Penelitian.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi 2022)
BAB V Hasil dan Pembahasan.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi 2022)
BAB VI Simpulan dan Saran.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi 2022)
Daftar Pustaka.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi 2022)
Lampiran-Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

DIFFERENCE OF PERSONAL HYGIENE PRESCHOOLER BEHAVIOUR BEFORE AND AFTER GIVEN ANIMATED VIDEO IN NARA BUDHI SUARI MENGWI BADUNG KINDERGARTEN ABSTRACT Child personal hygiene to be taught since early. Bad personal hygiene is more likely to children who have negative behaviour with 53,3% prevalence than positive with 5,6% prevalence. So we need modification in giving personal hygiene education to preschooler through animate video, because video animate video can feature interesting ilustration. The research aims to knowing differences of personal hygiene preschooler behavior before and after given animated video. The method uses pre-experimental with one group pretest-posttest design. Data used are primary using interview guidlines. The sample of this research is 34 people with simple random sampling technique. Statistical test using wilxocon (α<0.05). The results of this study are median of knowledge before intervention is 50, after intervention increase to 90. Median of attitude before intervention is 70, after intervention increase to 90. Median of practice before intervention is 70, after intervention increase to 95 with each of p value of knowledge, attitude and practice are p=0,000< α (0,05). Conclusion of this study there are differences in personal hygiene preschooler behavior before and after given animated video. Animated video is recommended to give for preschooler to increase their personal hygiene behaviour. Keywords: Personal hygiene; Preschooler; Animated Videos PERBEDAAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE ANAK PRASEKOLAH SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN VIDEO ANIMASI DI TAMAN KANAK-KANAK NARA BUDHI SUARI MENGWI BADUNG ABSTRAK Personal hygiene anak merupakan kebersihan diri yang harus diajarkan sejak dini. Personal hygiene kurang baik banyak terjadi pada anak yang memiliki sikap negatif dengan prevalensi 53,3% dibandingkan anak yang memiliki sikap positif sekitar 5,6%. Perlu adanya modifikasi pemberian pendidikan personal hygiene kepada anak prasekolah melalui video animasi, karena video animasi dapat memberikan tampilan gambar menarik sehingga sesuai dengan karakter anak yang suka berimajinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku personal hygiene anak prasekolah sebelum dan sesudah diberikan video animasi. Metode yang digunakan yaitu pre-eksperimental one group pretest-posttest design. Data yang digunakan yaitu data primer menggunakan pedoman wawancara sebelum dan sesudah intervensi. Sampel sejumlah 34 orang yang dipilih secara probability sampling. Uji statistik menggunakan uji Wilxocon (α<0,05). Hasil dari penelitian ini yaitu median pengetahuan sebelum diberikan intervensi 50, sesudah diberikan intevensi menjadi 90. Pada median sikap sebelum diberikan intervensi 70, sesudah diberikan intervensi 90. Pada median praktik sebelum diberikan intervensi 70, sesudah diberikan intevensi 95 dengan nilai p pada masing-masing pengetahuan, sikap dan tindakan p = 0,000 < α (0,05). Simpulannya adalah terdapat perbedaan pada perilaku personal hygiene anak prasekolah sebelum dan sesudah diberikan video animasi. Video animasi ini disarankan diberikan kepada anak prasekolah untuk meningkatkan perilaku personal hygiene anak. Kata kunci: Personal hygiene; Anak prasekolah; Video Animasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Personal hygiene; Anak prasekolah; Video Animasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Jurusan Kebidanan > Prodi D4
Depositing User: Ni Kadek Mita Widiari
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:17
Last Modified: 19 Jul 2022 01:17
URI: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/9691

Actions (login required)

View Item View Item