EVALUASITINGKAT KEPUASAN WISATAWAN ASING TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUTPADA KLINIK DAN RUMAH SAKIT DI BALI

Gejir, I Nyoman and Surya Kecana, I Gede (2018) EVALUASITINGKAT KEPUASAN WISATAWAN ASING TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUTPADA KLINIK DAN RUMAH SAKIT DI BALI.

[img]
Preview
Text
kepuasan tourism.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

AbstrakWisatawan yang berkunjung ke Bali setiap tahunnya dengan berbagai tujuan. Ada yang ingin berlibur, berbisnis, juga termasuk mencari pelayanan kesehatan. Beberapa fasilitas pelayanan kesehatan di Bali juga sudah berstandar internasional, sehingga mutu pelayanan kesehatan yang diberikan bagi wisatawan asing sangat diperlukan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kepuasan wisatawan asing terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada klinik dan rumah sakit di BaliDesain penelitian ini adalah obsevasionalatau penelitian survai, yang dirancang secara survey.Penelitian akan dilaksanakan diKlinik dan Rumah Sakit yang berlokasi di Kota Denpasar, Kabupaten Badung dan Kabupaten Gianyar. Pengambilan data penelitian September sampai Nopember 2018.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari semua dimensi kepuasanmenunjukkan bahwa: dimensi Reliability sebesar 86% menyatakan sangat puas, Responsiveness sebesar 85% menyatakan sangat puas, Assurance sebesar 91% menyatakan sangat puas, Emphaty sebesar 84% menyatakan sangat puas, dan Tangibles sebesar 84% menyatakan sangat puas. Rata-rata kepuasan wisatawan asing terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada Klinik dan Rumah Sakit di Bali adalah 4,8 (Sangat Puas), sedangkan untuk dimensi Responsiveness dan Tangibles berada di bawah rata-rata. Hasil analisis regresimenunjukkan bahwa,kelima dimensi kepuasan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan wisatawan asing. Hal ini dapat dilihat bahwa semua dimensi kepuasan memiliki nilai 1,000, yang dapat diartikan bahwa setiap terjadi peningkatan satu skor dari dimensi kepuasan, maka akan diikuti dengan satu skor tingkat kepuasan juga.Simpulan dari hasil penelitian ini adalah wisatawan asing menilai sangat puas terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada klinik dan Rumah Sakit di Bali, baik dari dimensi reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan maupun tangibles. Semua dimensi kepuasan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan wisatawan asing, dengan asumsi setiap terjadi peningkatan satu skor dimensi kepuasan, maka akan diikuti satu skor tingkat kepuasan.Kata kunci : Evaluasi, Kepuasan, Wisatawan Asing, Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Jurusan Keperawatan Gigi > Prodi D3
Depositing User: Abdur Rahman
Date Deposited: 04 Nov 2020 05:19
Last Modified: 04 Nov 2020 05:27
URI: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/6860

Actions (login required)

View Item View Item