PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KESIAPSIAGAAN ANAK SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI

Purnamawati, I Gusti Ayu Ari (2020) PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KESIAPSIAGAAN ANAK SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI. Diploma thesis, Poltekkes Denpasar Jurusan Keperawatan.

[img]
Preview
Text (Literature Review 2020)
Halaman Depan.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Literature Review 2020)
BAB I.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (Literature Review 2020)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Literature Review 2020)
BAB III.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Literature Review 2020)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Literature Review 2020)
LAMPIRAN.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

THE EFFECT OF GIVING EDUCATION WITH THE GAME MEDIA OF LADDER SNAKES ON THE PREPAREDNESS OF ELEMENTARY SCHOOL CHILDREN IN FACING EARTHQUAKE DISASTERS ABSTRACT Background : Disaster preparedness education is very important given to elementary school children to improve children's resilience to disasters, but currently disaster education has not been included in the curriculum for students in basic education. Disaster preparedness education in schools requires appropriate methods to be well received by students. The learning method is a method or strategy used by the teacher in the learning process. One type of learning method is the modified snakes and ladders game method. Purpose : This literature review aims to review research articles that conduct research on the effects of providing education with various methods for preparedness in the face of earthquake disasters. Method : Using 3 databases (ResearchGate, Pubmed, Google Schoolar) sought from 2010 to 2019 in the form of research reports, reviews and books that discuss disaster preparedness, snake ladder play methods and earthquake natural disasters and obtained 10 articles in accordance with inclusion criteria. Results : The provision of education with snake ladder game media influences the preparedness of elementary school children in facing earthquake disasters Recommendation : This literature review can be used as a reference and consideration for further research in providing education by using the same method to measure the effectiveness of the method used for respondent preparedness in the face of earthquake disasters. Keywords : Preparedness, snakes and ladders game, earthquake disaster PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KESIAPSIAGAAN ANAK SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI ABSTRAK Latar belakang : Pendidikan kesiapsiagaan bencana sangat penting diberikan kepada anak sekolah dasar untuk meningkatkan ketahanan anak-anak terhadap bencana, namun saat ini pendidikan kebencanaan belum dimasukkan ke kurikulum bagi siswa di pendidikan dasar. Pendidikan kesiapsiagaan bencana di sekolah memerlukan metode yang tepat agar bisa diterima dengan baik oleh siswa. Metode pembelajaran adalah suatu cara atau strategi yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar. Salah satu jenis metode pembelajaran adalah metode permainan ular tangga yang telah di modifikasi. Tujuan : Literature review ini bertujuan untuk mereview artikel penelitian yang melakukan penelitian mengenai pengaruh pemberian edukasi dengan berbagai metode terhadap kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi. Metode : Menggunakan 3 database (ResearchGate, Pubmed, Google Schoolar) yang dicari mulai tahun 2010 sampai 2019 berupa laporan hasil penelitian, review dan buku yang membahas mengenai kesiapsiagaan bencana, metode permainan ular tangga dan bencana alam gempa bumi dan diperoleh 10 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi. Hasil : Pemberian edukasi dengan media permainan ular tangga berpengaruh terhadap kesiapsiagaan anak sekolah dasar dalam menghadapi bencana gempa bumi Saran : Literature review ini dapat dijadikan acuan dan pertimbangan untuk penelitian selanjutnya dalam pemberian edukasi dengan menggunakan metode yang sama untuk mengukur efektifitas metode yang digunakan terhadap kesiapsiagaan responden dalam menghadapi bencana gempa bumi. Kata kunci : Kesiapsiagaan, permainan ular tangga, bencana gempa bumi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan, permainan ular tangga, bencana gempa bumi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Q Science > QH Natural history
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Jurusan Keperawatan > Prodi D4
Depositing User: mrs ARI PURNAMAWATI I GUSTI AYU
Date Deposited: 29 Jun 2020 04:30
Last Modified: 29 Jun 2020 04:30
URI: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/4472

Actions (login required)

View Item View Item