INTERAKSI PEMUSTAKA DAN PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN

Triwijaya, Dewa Nyoman (2018) INTERAKSI PEMUSTAKA DAN PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN. JURNAL LITERASI PUSTAKAWAN, 2 (4). pp. 74-78. ISSN 2549-7022

This is the latest version of this item.

[img] Image
Cover Jurnal.jpg

Download (1MB)
[img] Text
INTERAKSI PEMUSTAKA DAN PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN.pdf

Download (421kB)

Abstract

Selain menguasai bidang ilmu perpustakaan, pustakawan diharapkan mampu memahami kondisi pemustaka melalui interaksi sosial. Dalam berinteraksi dengan pemustaka, pustakawan dapat menjalankan perannya dengan baik apabila mempunyai kemampuan, keterampilan, serta kompetensi dalam bidang perpusdokindo. Langkah awal dalam melakukan interaksi pada perpustakaan, adalah “Pendidikan Pemustaka”. Yaitu suatu bentuk kegiatan untuk menanamkan pengertian-pengertian dan pengalaman-pengalaman yang bersifat penyiapan mental dan bekal pengetahuan pemustaka (dalam hal ini mahasiswa) dalam lingkup pendayagunaan perpustakaan. Secara teknis, pendidikan ini mencakup pemberian bimbingan, petunjuk atau konsultasi. Pendidikan pemustaka berorientasi pada : 1). Orientasi perpustakaan, 2). Pengenal karateristik pustaka, 3). Membekali pengetahuan & keterampilan dalam pemustakaan perpustakaan, 4). Memberikan rangsangan dan motivasi terhadap pemanfaatan perpustakaan, dan 5). Meyakinkan adanya garis penghubung antara koleksi perpustakaan dengan program studi/program pendidikan. Kata kunci : Pemustaka, Pustakawan, Interaksi, Perpustakaan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemustaka, Pustakawan, Interaksi, Perpustakaan
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Jurusan Keperawatan
Depositing User: Dewa Nyoman Triwijaya
Date Deposited: 27 Jul 2018 10:27
Last Modified: 27 Jul 2018 10:31
URI: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/307

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item