PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR BERDASARKAN STATUS ANEMIA DAN KEBUGARAN FISIK PADA REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI 1 UBUD

Rani, Ni Kadek Desi Maha (2019) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR BERDASARKAN STATUS ANEMIA DAN KEBUGARAN FISIK PADA REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI 1 UBUD. Diploma thesis, Poltekkes Denpasar.

[img]
Preview
Text (skripsi 2019)
COVER.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi 2019)
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi 2019)
BAB III.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi 2019)
BAB II.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi 2019)
BAB V.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (deskripsi 2019)
BAB VI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (skripsi 2019)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama pembangunan Nasional adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia. Salah satu indikator untuk melihat kualitas sumber daya manusia adalah prestasi belajar. Prestasi belajar merupakan tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah program pendidikan. Anemia dan kebugaran fisik merupakan faktor internal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar berdasarkan status anemia dan kebugaran fisik pada remaja putri di SMA Negeri 1 Ubud. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan rancangan cross sectional. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 sampel remaja putri. Data status anemia dikumpulkan dengan cara mengukur kadar hemoglobin darah dengan metode Hb meter. Data kebugaran fisik dikumpulkan dengan tes lari (single test) dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan cara mengutip nilai rata-rata raport semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar sampel tidak anemia (60,00%) dan sebagian besar sampel memiliki kebugaran fisik yang kurang (81,25%). Dari 48 sampel yang tidak anemia diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 78,01 dan dari 65 sampel dengan kebugaran fisik kurang didapatkan rata-rata hasil belajar sebesar 78,00. Hasil analisis statistik menunjukkan tidak ada perbedaan prestasi belajar berdasarkan status anemia (p > 0,05) dan tidak ada perbedaan prestasi belajar berdasarkan kebugaran fisik (p > 0,05). Kata Kunci : Prestasi Belajar, Status Anemia, Kebugaran Fisik The main purpose of national development is to improve the quality of human resources. The indicator to see the quality of human resources is study achievement. Study achievement is the level success of students in achieving the goals in education program. Anemia and physical fitness are internal factors which can affect the study achievement. The purpose of this study was to determine the differences in learning achievement based on anemia and physical fitness in young girls in SMA Negeri 1 Ubud. The type of the research was observational with cross sectional design. The samples in this study was 80 of young girls. Anemia was collected by measuring blood hemoglobin levels using Hb meter method. Physical fitness was collected by running test and study achievement was collected by quoting the average of semester report cards for the 2018/2019 academic year. The results showed that the majority of the samples were not anemia (60.00%) and most of the samples had less physical fitness (81.25%). In 48 samples that were not anemic, had average of learning outcomes were 78.01 and from 65 samples with less physical fitness had average learning outcomes were 78.00. The results of the statistical analysis showed no difference in learning achievement based on anemia status (p > 0,05) and there was no difference in learning achievement based on physical fitness (p > 0,05). Keywords: Study Achievement, Anemia, Physical Fitness

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Prestasi Belajar, Status Anemia, Kebugaran Fisik Keywords : Study Achievement, Anemia, Physical Fitness
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Jurusan Gizi > Prodi D4
Depositing User: mrs desi maha rani Ni kadek
Date Deposited: 16 Jun 2020 06:27
Last Modified: 16 Jun 2020 06:27
URI: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/2977

Actions (login required)

View Item View Item