PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PEMUSTAKA PRODI D3 KEBIDANAN TERHADAP PERPUSTAKAAN KEBIDANAN POLTEKKES DENPASAR

SUWARA, I WAYAN (2017) PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PEMUSTAKA PRODI D3 KEBIDANAN TERHADAP PERPUSTAKAAN KEBIDANAN POLTEKKES DENPASAR. JURNAL LITERASI PUSTAKAWAN, 2 (1). pp. 84-87. ISSN 2549-7022

[img]
Preview
Text (PENGUKURAN KEPUASAN PEMUSTAKA)
Jurnal Literasi Vol 2 No. 1 (KEPUASAN).pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview

Abstract

Abstrak Di era cyber ini, tuntutan pemustaka sangat kompleks dan canggih, sehingga pepustakaan juga harus semakin baik dalam memberikan layanan agar kebutuhan pemustaka terpuaskan. Penerapan teknologi informasi di perpustakaan sangat penting karena lebih mudah untuk diakses dan dibagikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Dengan penggunaan teknologi informasi, maka wajah dan layanan perpustakaan dapat berubah dari yang konvensional ke modern yang penuh dengan pemanfaatan digital. Digitalisasi mampu memberikan kemudahan dan keluasan untuk mencari, menemukan, menyebarluaskan dan bahkan menciptakan informasi itu sendiri. Menyimak hal tersebut, maka Perpustakaan Jurusan Kebidanan hendaknya memberikan layanan prima. Layanan prima dapat menjamin dan meningkatkan citra perpustakaan, sehingga pemustaka dapat merasa terpuaskan. Untuk mengetahui apakah perpustakaan sudah melaksanakan layanan prima atau belum ? sudah barang tentu jawabnya tergantung kepada respon pemustakanya, apakah tingkat kepuasannya sudah berada pada level “tidak puas”, “puas” dan “sangat puas”. Apabila jawaban pemustaka sudah “cukup puas”, “puas” dan “sangat puas” maka ini berarti bahwa perpustakaan sudah melaksanakan layanan prima, akan tetapi jika jawaban pemustaka “kurang puas” dan “tidak puas” maka perpustakaan itu belum melaksanakan layanan prima. Dalam penelitian ini, pengukuran kepuasan pemustaka dari Prodi D III Jurusan Kebidanan terhadap keleksi, sarana & prasarana, dan layanan petugas perpustakaan menggunakan metode analisis 〖LibQUAL+〗^( TM). Dengan pendekatan penilaian tiga dimensi, yaitu : koleksi perpustakaan, sarana & prasarana perpustakaan dan layanan petugas perpustakaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh pemustaka dari Prodi D III Jurusan Kebidanan berjumlah 214 orang dan yang dijadikan sampel dengan tingkat kesalahan 5%, yaitu berjumlah 213 sampel. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustakan terhadap layanan Perpustakaan Jurusan Kebidanan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis diterima dan ini berarti tingkat kepuasan pemustaka berada pada level “cukup puas”, “puas”, dan “sangat puas”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Perpustakaan Jurusan Kebidanan sudah melaksanakan layanan prima dengan baik. Kemudian harapan pemustaka terhadap layanan perpustakaan sama dengan persepsinya dan bahkan ada harapan pemustaka melebihi dari persepsinya, yaitu Mahasiswa Tk. III Prodi D III Jurusan Kebidanan menyatakan sebagian besar merasa “sangat puas” 39 % terhadap sarana & prasarana yang ada di Perpustakaan Jurusan Kebidanan. Kata Kunci : Pemustaka Perpustakaan, Tingkat Kepuasan Pemustaka, Perpustakaan jurusan Kebidanan

Item Type: Article
Additional Information: KINERJA PERPUSTAKAAN
Uncontrolled Keywords: PENGUKURAN KEPUASAN PEMUSTAKA
Divisions: Jurusan Kebidanan
Depositing User: Wulandari Erviana
Date Deposited: 26 Jul 2018 03:25
Last Modified: 26 Jul 2018 03:25
URI: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item