ANALISIS KINERJA DAN PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN KEBIDANAN POLTEKKES DENPASAR

SUWARA, I WAYAN (2017) ANALISIS KINERJA DAN PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN KEBIDANAN POLTEKKES DENPASAR. JURNAL LITERASI PUSTAKAWAN, 1 (1). pp. 1-10. ISSN 2549-7022

[img] Text
Jurnal Literasi Vol 1 No. 1.docx

Download (11MB)

Abstract

Abstrak Analisis kinerja Perpustakaan Kebidanan bertujuan untuk mengetahui spesifikasi riil yang dimiliki oleh pustakawan untuk memangku dan melaksanakan tupoksi masing-masing bidang di Perpustakaan Kebidanan dan juga untuk mengetahui kualitas tingkat kepuasan pemustaka terhadap layanan perpustakaan serta memahami strategi pemecahan masalah untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan. Yang menjadi populasi dalam analisis ini adalah mahasiswa, dosen dan pustakawan sebanyak 290. Sampel diambil dari jumlah populasi yang ada dan teknik pemilihannya menggunakan teknik stratifid random sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara berlapis dengan rumus : n = N : 1 + N (d)2. Sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah 29 sampel. Selanjutnya Analisis kinerja dan peningkatan kualitas layanan di Perpustakaan Kebidanan menggunakan pendekatan ex-post facto dengan model CIPP, yaitu : C = Context, I = Input, P = Process, dan P = Product. Pengumpulan data seluruhnya menggunakan instrumen kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan analisis kuadran Glikman. Hasil analisis kinerja ini menunjukkan bahwa spesifikasi yang riil dibutuhkan pustakawan untuk memangku dan melaksanakan tupoksi masing-masing bidang di Perpustakaan Kebidanan mengacu kepada Undang-Undang Republik Indonesia nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan. Memperhatikan spesifikasi yang dimiliki oleh pustakawan Perpustakaan Kebidanan menunjukan bahwa spesifikasi yang dimiliki oleh pustakawan sudah relevan sesuai dengan kebutuhan spesifikasi riil. Sehubungan dengan hal tersebut, maka kualitas kinerja para pustakawan dapat dikategorikan efektif, tingkat kepuasan pemustaka terhadap layanan perpustakaan tergolong sangat tinggi, dengan prosentase sebesar 62,07 %, sedangkan prosentase kesesuaian antara kualitas kerja dengan tingkat kepuasan pemustaka dengan hasil yang cukup besar, yaitu sebanyak 71,43 %. Strategi pemecahan masalah untuk peningkatan kinerja Perpustakaan Kebidanan adalah dengan cara lebih meningkatkan kualitas misi dan tujuan perpustakaan, prosedur layanan, pelaksanaan layanan perpustakaan, dan tingkat kepuasan pemustaka. Kata kunci : Analisis Kinerja, Tingkat Kepuasan Pemustaka, dan Kualitas Layanan Perpustakaan Kebidanan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: LAYANAN PERPUSTAKAAN KEBIDANAN
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Jurusan Kebidanan
Depositing User: Wulandari Erviana
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:41
Last Modified: 02 Apr 2019 06:04
URI: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item