PERBEDAAN KETERAMPILAN SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN EDUKASI PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP REMAJA PUTRI

NI KADEK MERIYANTI, NI KADEK (2025) PERBEDAAN KETERAMPILAN SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN EDUKASI PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP REMAJA PUTRI. Diploma thesis, JURUSAN KEBIDANAN.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PERBEDAAN KETERAMPILAN SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN EDUKASI PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP REMAJA PUTRI Studi dilakukan di SMA Negeri 1 Nusa Penida Kabupaten Klungkung Kanker payudara merupakan penyebab utama kematian dan kesakitan perempuan di Indonesia. Kanker ini dapat terjadi sejak pubertas, sehingga perlu optimalisasi keterampilan deteksi dini pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keterampilan sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan metode demonstrasi terhadap remaja putri di SMA Negeri 1 Nusa Penida Kabupaten Klungkung. Metode penelitian pre-experimental one group pretest and posttest design. Sampel dalam penelitian ini 33 siswi dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan Bulan Mei 2025 dengan menggunakan data primer penelitian berupa skor keterampilan responden sebelum dan setelah perlakuan. Instrumen penelitian berupa check list yang valid dan reliabel. Analisis data uji beda keterampilan sebelum dan setelah diberikan edukasi tentang pemeriksaan payudara sendiri dengan metode demonstrasi menggunakan uji Wicolxon. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan skor keterampilan p-value 0,00 (p<0,05) terdapat perbedaan keterampilan pemeriksaan payudara sendiri sebelum dan sesudah diberikan edukasi tentang pemeriksaan payudara sendiri dengan metode demonstrasi terhadap remaja putri di SMA Negeri 1 Nusa Penida Kabupaten Klungkung. Diharapakan dari terbuktinya edukasi tentang pemeriksaan payudara sendiri dengan metode demonstrasi dapat menjadi usulan bagi pihak sekolah untuk melanjutkan program metode demostrasi ini dalam teknik pembelajaran. Kata kunci : keterampilan SADARI; demonstrasi; remaja ABSTRACT DIFFERENCES IN SKILLS BEFORE AND AFTER BREAST SELF- EXAMINATION EDUCATION WITH DEMONSTRATION METHOD GIVEN TO ADOLESCENT GIRLS Study conducted at SMA Negeri 1 Nusa Penida, Klungkung Regency Breast cancer is the leading cause of death and morbidity for women in Indonesia. This cancer can occur since puberty, so it is necessary to optimize early detection skills for breast self-examination (SADARI). The purpose of this study was to determine the difference in skills before and after being given education with a demonstration method for female adolescents at SMA Negeri 1 Nusa Penida, Klungkung Regency. The research method was pre-experimental one group pretest and posttest design. The sample in this study was 33 female students with a purposive sampling technique. The study was conducted in May 2025 using primary research data in the form of respondent skill scores before and after treatment. The research instrument was a valid and reliable checklist. Analysis of the test data for differences in skills before and after being given education about breast self-examination with the demonstration method using the Wicolxon test. The results of the study showed an increase in skill scores p-value 0.00 (p <0.05) there was a difference in breast self-examination skills before and after being given education about breast self-examination with a demonstration method to female adolescents at SMA Negeri 1 Nusa Penida, Klungkung Regency. It is hoped that the evidence of education about breast self-examination with a demonstration method can be a proposal for the school to continue this demonstration method program in learning techniques. Keywords: skills, SADARI; demonstration; teenagers

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : keterampilan SADARI; demonstrasi; remaja
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Jurusan Kebidanan > Prodi D4
Depositing User: Djani Gaudensia Cindy Claresta
Date Deposited: 02 Oct 2025 01:03
Last Modified: 02 Oct 2025 01:03
URI: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/18475

Actions (login required)

View Item View Item