Ernayathi Tryastuthi, Ni Nyoman (2025) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI DENGAN KETERLAMBATAN KEMAMPUAN BICARA DAN BAHASA. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Kebidanan 2025.
|
Text (Skripsi 2025)
Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Skripsi 2025)
BAB I Pendahuluan.pdf Download (203kB) |
|
|
Text (Skripsi 2025)
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf Download (286kB) |
|
|
Text (Skripsi 2025)
BAB III Kerangka Konsep.pdf Download (206kB) |
|
|
Text (Skripsi 2025)
BAB IV Metode Penelitian.pdf Download (352kB) |
|
|
Text (Skripsi 2025)
BAB V Hasil Dan Pembahasan.pdf Download (273kB) |
|
|
Text (Skripsi 2025)
BAB VI Simpulan Dan Saran.pdf Download (185kB) |
|
|
Text (Skripsi 2025)
Daftar Pustaka.pdf Download (484kB) |
|
|
Text
Lampiran-lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI DENGAN KETERLAMBATAN KEMAMPUAN BICARA DAN BAHASA Studi ini dilakukan Di Unit Pelaksana Teknis Daerah Puskesmas I Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Selatan ABSTRAK Perkembangan teknologi yang semakin canggih, media komunikasi pun semakin beragam, salah satunya yaitu dengan penggunaan gadget Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini sangatlah banyak, salah satunya yaitu dapat berdampak terhadap kemampuan bicara dan bahasa pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi penggunaan gadget pada anak usia dini serta menganalisis hubungan penggunaan gadget pada anak usia dini dengan keterlambatan kemampuan bicara dan bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah anak dengan usia 1 – 3 tahun yang berjumlah 76 anak dengan teknik sampling purposive sampling. Penelitian dilakukan sejak bulan April sampai Mei 2025 di wilayah kerja UPTD Puskesmas I Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Selatan. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari setengah responden anak usia dini mengalami keterlambatan kemampuan bicara dan bahasa, yaitu sebanyak 61 responden (80,3%). Dari hasil analisis data menunjukkan p-value 0.000 < 0.05 artinya terdapat hubungan penggunaan gadget pada anak usia dini dengan keterlambatan kemampuan bicara dan bahasa di wilayah kerja UPTD Puskesmas I Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Selatan. Orang tua diharapkan dapat mengurangi dan memantau penggunaan gadget pada anak sehingga anak usia dini tidak mengalami keterlambatan kemampuan bicara bahasa yang dipicu oleh penggunaan gadget yang berlebihan. Kata kunci: Gadget, Kemampuan Bicara dan Bahasa, Anak Usia Dini THE CORRELATIONS BETWEEN GADGET USE IN CHILDREN EARLY AGE WITH DELAYED SPEECH AND LANGUAGE SKILLS Study was conducted at UPTD Puskesmas I, South Denpasar District Health Office. ABSTRACT The development of increasingly sophisticated technology, communication media is increasingly diverse, one of which is the use of gadgets The impact of using gadgets in early childhood is very much, one of which can have an impact on speech and language skills in early childhood. The purpose of this study is to identify the use of gadgets in early childhood and analyze the relationship between the use of gadgets in early childhood with delayed speech and language skills. The method used in this study is correlative analysis with a cross sectional approach. The sample of this study were children aged 1 - 3 years, totaling 76 children with purposive sampling technique. The research was conducted from April to May 2025 in the work area of UPTD Puskesmas I of the South Denpasar District Health Office. The results showed that more than half of the early childhood respondents experienced delays in speech and language skills, as many as 61 respondents (80.3%). The results of data analysis showed a p-value of 0.000 <0.05, meaning that there is a relationship between the use of gadgets in early childhood with delayed speech and language skills in the work area of the UPTD Puskesmas I Health Service, South Denpasar District. Parents are expected to reduce and monitor the use of gadgets in children so that early childhood does not experience delays in language speech skills triggered by excessive gadget use. Keywords : Gadget, speech and language skills, childhood
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Gadget, Kemampuan Bicara dan Bahasa, Anak Usia Dini Gadget, speech and language skills, childhood |
| Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services |
| Divisions: | Jurusan Kebidanan > Prodi D4 |
| Depositing User: | Djani Gaudensia Cindy Claresta |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 02:04 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 02:04 |
| URI: | http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/18163 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

