Ayu Chintia Dewi, Ni Putu (2025) PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN MOTIVASI REMAJA PUTRI TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENYULUHAN MENGGUNAKAN BUKU SAKU. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Kebidanan 2025.
|
Text (Skripsi 2025)
Halaman Depan.pdf Download (692kB) |
|
|
Text (Skripsi 2025)
BAB I Pendahuluan.pdf Download (237kB) |
|
|
Text (Skripsi 2025)
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf Download (434kB) |
|
|
Text (Skripsi 2025)
BAB III Kerangka Konsep.pdf Download (197kB) |
|
|
Text (Skripsi 2025)
BAB IV Metode Penelitian.pdf Download (678kB) |
|
|
Text (Skripsi 2025)
BAB V Hasil dan Pembahasan.pdf Download (591kB) |
|
|
Text (Skripsi 2025)
BAB VI Simpulan dan Saran.pdf Download (149kB) |
|
|
Text (Skripsi 2025)
Daftar Pustaka.pdf Download (357kB) |
|
|
Text (Skripsi 2025)
Lampiran-Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
DIFFERENCES IN KNOWLEDGE AND MOTIVATION LEVELS YOUNG WOMEN ABOUT SELF-BREAST SCREENING BEFORE AND AFTER COUNSELING USING POCKET BOOKS ABSTRACT Breast cancer is still common at a young age, and one way to help to see changes early is to have your own breast exam. The purpose of this study was to find out the difference in the level of knowledge and motivation of adolescent girls about breast examination themselves before and after being given counseling using pocket books at SMA Negeri 1 Rendang. The type of research is Quasi Experiment with One Group Pre-test Post-test research design. It will be held in March-April 2025. The sample amounted to 100 adolescent girls in classes X and XI, taken by proportional random sampling technique. Pretest data collection of knowledge and motivation before the intervention was carried out, intervention in the form of a pocket book was carried out for 30 minutes and posttest data collection was carried out after the intervention with a 15-minute break. The instruments used were knowledge and motivation questionnaires. Univariate data analysis in the form of frequency and bivariate distributions used the Wilcoxon test with a significance level of p<0.05. The results showed that there was an increase in knowledge in respondents after being given an intervention of 31% in the good category, and there was an increase in the motivation of respondents after being given an intervention of 6.0% in the good category. The Wilcoxon test showed that there was a significant difference in knowledge and motivation after the intervention (p=0.000). The researcher suggested that the pocket book media about breast self-examination can be used by young women as one of the learning methods. Keywords: Knowledge, Motivation, Breast Self-Examination, Pocketbook PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN MOTIVASI REMAJA PUTRI TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENYULUHAN MENGGUNAKAN BUKU SAKU ABSTRAK Kanker payudara masih sering ditemui pada usia muda, dan salah satu cara yang dapat membantu untuk melihat perubahan sejak dini adalah dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan dan motivasi remaja putri tentang pemeriksaan payudara sendiri sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan buku saku di SMA Negeri 1 Rendang. Jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan design penelitian One Group Pre-test Post-test. Dilaksanakan bulan Maret-April 2025. Sampel berjumlah 100 orang remaja putri kelas X dan XI, diambil dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data pretest pengetahuan dan motivasi sebelum dilakukan intervensi, intervensi berupa buku saku dilakukan selama 30 menit dan pengumpulan data posttest dilakukan sesudah intervensi dengan jeda 15 menit. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner pengetahuan dan motivasi. Analisis data univariat dalam bentuk distribusi frekuensi dan bivariat menggunakan uji Wilcoxon dengan tingkat kemaknaan p<0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan pada responden sesudah diberikan intervensi sejumlah 31% dengan kategori baik, dan terdapat peningkatan motivasi responden sesudah diberikan intervensi sejumlah 6,0% dengan kategori baik. Uji Wilcoxon menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan dan motivasi bermakna sesudah diberikan intervensi (p=0,000). Peneliti menyarankan agar media buku saku tentang pemeriksaan payudara sendiri dapat digunakan oleh remaja putri sebagai salah satu metode pembelajaran. Kata kunci: Pengetahuan, Motivasi, Pemeriksaan Payudara Sendiri, Buku Saku
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Knowledge, Motivation, Breast Self-Examination, Pocketbook Pengetahuan, Motivasi, Pemeriksaan Payudara Sendiri, Buku Saku |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
| Divisions: | Jurusan Kebidanan > Prodi D4 |
| Depositing User: | Ni Wayan Eka Widya Cahyani |
| Date Deposited: | 17 Sep 2025 02:13 |
| Last Modified: | 17 Sep 2025 02:13 |
| URI: | http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/17339 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

