Aryawati, Ni Luh Made (2024) Hubungan Antara Kualitas Komunikasi Interpersonal Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Unit Pelaksana Teknis. Diploma thesis, Sarjana Terapan Jurusan Keperawatan.
|
Text
0. HALAMAN DEPAN.pdf Download (745kB) |
|
|
Text
1. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (205kB) |
|
|
Text
1. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (205kB) |
|
|
Text
2. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (501kB) |
|
|
Text
3. BAB III KERANGKA KONSEP.pdf Download (58kB) |
|
|
Text
4. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf Download (398kB) |
|
|
Text
5. BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Download (464kB) |
|
|
Text
6. BAB VISIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (40kB) |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
|
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Abstrak Pusat pelayanan kesehatan di Indonesia semakin hari semakin bertumbuh dan berkembang secara pesat sehingga banyak pilihan pelayanan kesehatan yang dapat pasien percayakan dalam melakukan perawatan kesehatannya. Apa yang diharapkan pasien dalam memilih pelayanan kesehatan adalah kemampuan petugas yang cepat dan tanggap terhadap keluhan pasien serta mampu menghadapi keluhan pasien secara profesional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Pontang tahun 2023. Metode korelasi dengan pendekatan cross-sectional digunakan dalam penelitian ini. Dari 150 pasien rawat inap sebagai populasi, 75 responden dilibatkan sebagai sampel dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden menyatakan komunikasi interpersonal perawat baik (62,7%) dan sebagian besar responden menyatakan kepuasan pasien di unit rawat inap tidak puas (54,7%). Hasil uji statistik menggunakan uji chi-square memperoleh nilai p 0,024 (p<α), artinya ada hubungan antara komunikasi interpersonal perawat dengan kepuasan pasien di unit rawat inap Puskesmas Pontang. Peneliti menyimpulkan bahwa perlu penguatan pada perawat rawat inap seperti pelatihan tentang komunikasi interpersonal dan service excellence. Kata Kunci: kepuasan pasien, komunikasi interpersonal, perawa
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | kepuasan pasien |
| Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal |
| Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
| Divisions: | Jurusan Keperawatan > Prodi D4 |
| Depositing User: | Abdur Rahman |
| Date Deposited: | 29 Aug 2024 12:15 |
| Last Modified: | 29 Aug 2024 12:15 |
| URI: | http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/13770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

