Fitri, Ni Kadek Ertina (2024) TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN GIGI DAN MULUT SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS I DAN II SD NO 6 KAPAL TAHUN 2024. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Kesehatan Gigi 2024.
|
Text (Karya Tulis Ilmiah 2024)
Halaman Depan.pdf Download (603kB) |
|
|
Text (Karya Tulis Ilmiah 2024)
BAB I Pendahuluan.pdf Download (159kB) |
|
|
Text (Karya Tulis Ilmiah 2024)
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf Download (427kB) |
|
|
Text (Karya Tulis Ilmiah 2024)
BAB III Kerangka Konsep.pdf Download (131kB) |
|
|
Text (Karya Tulis Ilmiah 2024)
BAB IV Metode Penelitian.pdf Download (213kB) |
|
|
Text (Karya Tulis Ilmiah 2024)
BAB V Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
|
Text (Karya Tulis Ilmiah 2024)
BAB VI Simpulan dan Saran.pdf Download (91kB) |
|
|
Text (Karya Tulis Ilmiah 2024)
Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) |
|
|
Text (Karya Tulis Ilmiah 2024)
Lampiran-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
LEVEL OF KNOWLEDGE ABOUT DENTAL HEALTH AND THE MOUTH BEFORE AND AFTER COUNSELING USING ANIMATION MEDIA WITH STUDENTS CLASS I AND II SD NO 6 KAPAL IN 2024 ABSTRACT Dental health problems at the age of 5-9 years still occupy the highest rate. School age children, especially elementary school students, are a group that is vulnerable to dental and oral diseases because generally children still have unsupportive behavior and habits. Counseling aims to instill healthy behavior from an early age regarding dental health. The use of animation media in counseling is expected to make it easier for students to understand the content of the counseling material. This research aims to determine the level of knowledge about dental and oral health before and after providing counseling using animation media to students in class I and II of SD No. 6 Kapal in 2024. This research is a descriptive study with a total of 49 students as respondents. Data collection was carried out using a questionnaire sheet containing 20 multiple choice questions. The results of the research showed that the value of students knowledge level before being given counseling mostly obtained a score of less knowledge, namely 34 students (69.4%). After being given counseling, 49 students (100%) obtained good knowledge scores. So it can be concluded that the average level of students knowledge before being given counseling was 57.65 in the sufficient category, while the average level of students' knowledge after being given counseling using animation media increased, namely 95.10 in the good category. Keywords: Knowledge, elementary school, counseling, animation media TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN GIGI DAN MULUT SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS I DAN II SD NO 6 KAPAL TAHUN 2024 ABSTRAK Masalah kesehatan gigi pada umur 5-9 tahun masih menduduki angka tertinggi. Anak usia sekolah khususnya sekolah dasar merupakan kelompok yang rentan terhadap penyakit gigi dan mulut karena umumnya anak-anak masih mempunyai perilaku dan kebiasaan diri kurang menunjang. Penyuluhan bertujuan untuk menanamkan perilaku sehat sejak dini mengenai kesehatan gigi. Penggunaan media animasi dalam penyuluhan diharapkan dapat mempermudah siswa dalam memahami isi materi dari penyuluhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media animasi pada siswa kelas I dan II SD No 6 Kapal Tahun 2024. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 49 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar kusioner yang berisi 20 pertanyaan pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai tingkat pengetahuan siswa sebelum diberikan penyuluhan sebagian besar memperoleh nilai pengetahuan kurang yaitu sebanyak 34 siswa (69,4%). Sesudah diberikan penyuluhan 49 siswa (100%) memperoleh nilai pengetahuan baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata tingkat pengetahuan siswa sebelum diberikan penyuluhan yaitu 57,65 dalam kategori cukup sedangkan rata-rata pengetahuan siswa sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media animasi mengalami peningkatan yaitu 95,10 dalam kategori baik. Kata Kunci : Pengetahuan, sekolah dasar, penyuluhan, media animasi
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Knowledge, elementary school, counseling, animation media Pengetahuan, sekolah dasar, penyuluhan, media animasi |
| Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > RK Dentistry |
| Divisions: | Jurusan Keperawatan Gigi > Prodi D3 |
| Depositing User: | Komang Melda Mahayuni |
| Date Deposited: | 24 Jun 2024 03:41 |
| Last Modified: | 24 Jun 2024 03:41 |
| URI: | http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/12027 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

