IMPLEMENTASI GERAKAN BADUNG SEHAT DI 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN (GARBA SARI) DALAM UPAYA PENURUNAN KEJADIAN STUNTING DI DESA KEKERAN KABUPATEN BADUNG

Suarniti, SST.,M.Keb, Ni Wayan and Mahayati SST, M.Keb, Ni Made Dwi (2022) IMPLEMENTASI GERAKAN BADUNG SEHAT DI 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN (GARBA SARI) DALAM UPAYA PENURUNAN KEJADIAN STUNTING DI DESA KEKERAN KABUPATEN BADUNG. Poltekkes Kemenkes Denpasar. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
JKB_PEMULA_NI WAYAN SUARNITI_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Indonesia masih menghadapi permasalahan gizi yang berdampak serius terhadap kualitas sumber daya manusia, salah satunya Stunting. Pemerintah Kabupaten Badung, provinsi Bali meluncurkan Gerakan Badung Sehat di 1000 Hari pertama kehidupan (GARBA SARI) untuk penanggulangan stunting. Tujuan penelitian mengidentifikasi input, proses dan output dari implementasi GARBA SARI dengan sasaran ibu hamil, ibu menyusui dengan bayi 0-6 bulan dan usia 7- 23 bulan, serta remaja putri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk mengeksplorasi GARBA SARI. Informan penelitian berjumlah 18 orang. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Analisis data penelitian adalah analisis deskriptif. Hasil menunjukkan input dari implementasi program sudah memadai, dilihat dari adanya aturan dan kebijakan dari tingkat pusat, kabupaten dan desa, adanya panduan pelaksanaan program dan penggunaan dana yang sudah terverifikasi, dukungan sarana prasarana, sumber daya. Proses menunjukkan hasil implementasi program berjalan dengan baik. Output menunjukkan sebagian besar kegiatan berjalan sesuai rencana, namun masih ada pengaturan waktu diluar jam kerja puskesmas dan masih ada sasaran kegiatan yang belum tahu tentang GARBA SARI. Kesimpulan Input program sudah memadai, proses berjalan baik, dan sempat terkendala saat pandemi Covid 19 dan output implementasi program sebagian besar sudah sesuai rencana. Saran agar dinas kesehatan lebih banyak menjalin kerjasama dengan institusi yang bergerak dalam upaya penurunan kejadian stunting. Kata kunci: Garbasari, Implementasi, Stunting.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Jurusan Kebidanan > Profesi Bidan
Depositing User: SST.,M.Keb Suarniti Ni Wayan
Date Deposited: 03 May 2023 01:25
Last Modified: 03 May 2023 01:26
URI: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/id/eprint/10294

Actions (login required)

View Item View Item